Penugasan

Assalamu alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh

Sahabat-sahabat mahasiswa, waktu menjadi mahasiswa akan terasa lewat begitu cepat. Kemarin serasa baru masuk, sekarang sudah menulis skripsi, dan sebentar lagi wisuda. Gunakanlah waktu singkat ini sebaik-baiknya, kembangkan diri selain dari apa yang diajarkan di bangku kuliah. Gali lah lebih dalam skills serta kemampuanmu dalam lingkup sosial. Perbanyaklah karya-karya yang membangun peradaban, dan bergabunglah di gerakan peradaban Salman dalam unit-unit kegiatan.

Salam Mahasiswa!

 

Definisi

Penugasan untuk aktivis Salman adalah wadah-wadah di mana mereka bisa mengembangkan potensi diri dalam bentuk unit kegiatan dan kepanitiaan. Para aktifis mencurahkan bakat dan kompetensi mereka untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan positif sesuai dengan keinginan dan minat mereka. Unit-unit kegiatan di sini mencakup kegiatan mengenai pembinaan anak-anak (PAS, Pembinaan Anak-anak Salman), kegiatan keremajaan (Karisma, Keluarga Remaja Islam Salman), Majelis Ta’lim (Mata’), tilawah (Unit Pengembangan Tilawatil Quran), teknologi (Pustena, Pusat Teknologi Tepat Guna), literature (Aksara), serta kerelawanan (Korsa, Korps Relawan Salman). Sedangkan dalam kepanitiaan para aktivis menjadi panitia pelaksana program Ramadan (P3R) dan pantia pelaksana program Idul Adha (P3I). Aktivis Salman bebas memilih unit atau kepanitiaan mana yang ia jadikan ladang karya.

Aktivis Salman juga diharapkan dapat merealisasikan materi-materi yang ditanamkan di LMD yaitu tentang rekayasa teknologi. Sehingga salah satu program Penugasan, Inventra, yang merupakan ajang kompetisi untuk aktivis Masjid untuk memunculkan gagasan atau ide teknologi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. Selain dari itu, Penugasan mendorong para aktivis agar berpartisipasi dalam lomba-lomba dan konferensi tingkat regional, nasional, hingga internasional. Di sini Salman memberikan bantuan-bantuan khusus dan pembekalan dalam perbaikan kompetensi untuk mempersiapkan aktivis terjun ke dunia kompetisi.

Tujuan

Tujuan Penugasan ini adalah mendorong para aktivis Salman untuk berkarya sesuai dengan minat masing-masing dan juga berkarya dalam pembentukan gagasan atau ide teknologi untuk peradaban. Pada umumnya, Penugasan bertujuan untuk penanaman nilai dengan “learning by doing”atau melalui pengalaman yang dialami.

Target

Penugasan Salman dalam bentuk kepanitiaan dan unit kegiatan terbuka untuk semua mahasiswa Muslim Bandung yang bersedia mengikuti alur kaderisasi Salman dan unit kegiatan terkait. Penugasan dalam bentuk karya ditujukan khusus kepada aktivis Salman yang sudah mengikuti Salman Spiritual Camp atau ITB Spiritual Camp. Alumni LMD pun ditegaskan untuk mengikuti penugasan secara aktif.

Sub-bidang Penugasan

Assistant Manager : Khalid Istiqlal Syaifullah, Teknik Geofisika ITB 2011, LMD 166

Unit dan Kepanitiaan

Ketua Program : Asa Ayazida Aunu Robby, Kimia ITB 2012, LMD 167

Staf                     : Satria Rusdiputra, Teknik Material ITB 2012, LMD 174

Muhammad Farhan Basyari, Kimia ITB 2012, LMD 167

Rizky Maisarah, Sastra Inggris Unikom 2012, LMD 172

Annisa Nabila, Kebidanan Unjani 2014

Ikhwan Rizqy Nurzaman, Fisika ITB 2014, LMD 179

Surya Dinda Agnes, Teknik Informatika UIN 2013, LMD 179

Karya

Ketua Program : Aldyaka Mushofan, Teknik Informatika ITB 2012, LMD 175

Staf                      : Arjun Sumarlan, Teknik Fisika ITB 2014, LMD 181